22 June 2011

Blogilicious Van Bandung | Meriah Euy!

Blogilicious Van Bandung

Blogilicious Van Bandung, itulah tema dari event Seminar dan Semi workshop Blogilicious Bandung 2011 yang merupakan rangkaian IdBLOGNETWORK ROADBLOG BLOGILICIOUS 2011, yang berlangsung di 7 kota besar di Indonesia, kali ini singgah di Kota Paris Van Java (Bandung), setelah sebelumnya telah melalui Surabaya, Makasar, Medan, ,Palembang dan Yogyakarta, dan akan berakhir di Jakarta pada tanggal 25-26 Juni 2011.
Acara seminar dan semi workshop ini diprakarsai oleh IdBlogNetwork, yang merupakan media penghubung antara advirtiser (pengiklan) dan blogger sebagai publisher (penayang iklan), yang kini kembali membangkitkan gairah dunia blogging yang mulai meredup, melalui IdBLOGNETWORK ROADBLOG BLOGILICIOUS 2011.


Minggu pagi itu, tepatnya pukul 07:00 19 Juni 2011, aku memulai aktivitas liburanku. hanya antusiasme yang memberikan motivasi padaku untuk berangkat dengan semangat dari Setiabudhi (Bandung Utara), mengarungi dingin dan malasnya Minggu pagi di Jalan Sulanjana Bandung, tepatnya di S28 Cafe, didampingi oleh pacar tercinta.


Suasana masih terlihat sepi, saat kami memasuki area parkir S28 Cafe. batinku, "apa kita datang ketempat yang salah ya?"
Tetapi aroma kegairahan memancar dari tempat itu (sama seperti yang kurasakan), dan setelah bertanya kepada seorang receptionist pria yang berjaga di depan cafe, ahirnya kami benar-benar yakin, bahwa kami menuju tempat yang benar (event Blogilicious Van Bandung 2011).


Peserta Blogilicious Van Bandung Dari BelakangSuasana persahabatan, keberagaman, dan kegairahan yang rupanya kudapati saat menginjakan kaki di lantai dua S28 Cafe (tempat diadakannya seminar), perasaan kaku dan canggung yang semula kutakutkan, ternyata mencair seketika dengan hangatnya sambutan dari panitia Blogilicious Van Bandung yang diketuai oleh Kang Agus Hery Prasetyo yang sangat ramah.


Semula semua peserta disuruh untuk duduk di balkon S28 Cafe, sembari menunggu persiapan ahir dari panitia seminar. Walau acara sedikit terlambat, tetapi hal ini tak mengurangi antusias kami untuk mengikuti dengan seksama Semi Workshop yang dikomandoi oleh IdBlogNetwork, sebagai Pilar baru dari para Blogger Indonesia.


Antri Daftar Ulang Blogilicious Van BandungSetelah mendaftarkan diri di meja registrasi, kami mengambil tempat duduk pada baris ketiga di bagian kanan, kursi bersandaran tegak dan cukup empuk, yang berwarnah merah hati (kata pacarku).

Aku, Iman dan Andri Blogilicious Van BandungKami juga berkenalan dengan teman baru yang duduk disebelah kiriku, yang bernama Iman dan Andri. Dari penuturan mereka, aku menyimpulkan bahwa sebagian besar yang datang di event ini (sekitar seratus orang ) diantara para blogger senior, merupakan para blogger pemula yang baru belajar ngeblog, mengenal blog, dan pengen tahu cara ngeblog (termasuk aku yang seorang nubie), tetapi memiliki semangat dan antusias yang sama.



Amril Taufik GobelAgus Hery PrasetyoMubarika Darmayanti

Suasana semakin semarak, saat event Seminar Dan Semi Workshop Blogilicious Bandung 2011 secara resmi dibuka oleh pembawa acara sekaligus moderator, Kang Amril Taufik Gobel, yang dilanjutkan dengan sambutan dari Kang Agus Hery Prasetyo sebagai ketua panitia lokal, dan Mbak Mubarika Darmayanti sebagai perwakilan dari IdBlogNetwork.


Ikhlasulamal Blogilicious Van BandungSessi I seminar dibawakan oleh Kang Ikhlasulamal (Blogger Senior yang cukup terkenal), yang mempresentasikan Tips Blogging, dimana beliau banyak shareing pengalaman ngeblog yang telah dilakukannya sejak 2003 silam, mulai dari text blogging, hingga photo blogging yang sekarang sedang ditekuninya, mengiringi propesinya sebagai photographer sekaligus blogger.
Disini dia memberi pesan yang sangat mendalam, yang harus menjadi pedoman bagi setiap blogger, bahwa antusias, ketekunan dan konsistensi harus menjadi filosofi bagi blogger yang sejati. Selain itu, seorang blogger harus rela berbagi, tak boleh pelit dengan ilmu dan informasi, karena itu adalah tujuan dari blogging yang sesungguhnya. Selain hal diatas, Kang Ikhlasulamal juga menitikberatkan, bahwa akan dinilai baik atau buruknya suatu blog/blogger, dapat dilihat dari sisi originalitas content blog tersebut, sehingga diharamkan bagi para blogger yang baik untuk meng- copy/paste karya blogger lain, tanpa mencantumkan sumber, ataupun tanpa meng-edit sama sekali.


Ajeng Blogilicious Van BandungPada sessi II, hal yang sangat sensitif yakni: Etika NgeBlog, dipresentasikan oleh Mbak Ajeng N Purwaningsih, yang biasa dipanggil Mbak Ajengkol, dan ternyata selain terkenal sebagai seorang blogger yang senior dan handal, juga berprofesi "sampingan" sebagai seorang dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. luar biasa bukan? :-)
Pada sessi ini beliau banyak membahas "etika kita sebagai seorang blogger, dalam memposting dan mengedit artikel, berkomentar di blog lain, menangggapi komentar," yang menurut kesimpulanku: "bagaimana kita berprilaku menjadi seorang blogger yang santun dan profesional, di dunia internet umumnya dan blogging khususnya."
Sessi Tanya Jawab Blogilicious Van BandungPada sessi ini, sebenarnya aku ingin menanyakan tentang kekuatan hak cipta (copy right)dari setiap postingan kita di blog, karena banyak sekali para blogger yang tak memiliki etika untuk mencantumkan sumber artikel ketika melakukan copy/paste,tetapi karena keterbatasan waktu, ahirnya aku mengurungkan niat tuk bertanya.


Julian Gafar Blogilicious Van  BandungSelanjutnya acara diteruskan pada sessi sponsorship, diisi oleh Pak Julian Gafar, yang merupakan direktur dari portal belanja online Berniaga.com, yang dengan fasih mempresentasikan perbedaan antara belanja online dan eCommerce. Slide Berniaga.com Blogilicious Van BandungSelain itu, beliau juga membedah apa itu Berniaga.com, mulai dari fitur, serta keunggulannya dari portal belanja online lain. Berniaga.com juga memiliki moto yang sangat menarik, Aman, Nyaman, Efektif dan Efisien! Kunjungi website Berniaga.com di alamat www.berniaga.com


WiwikWae Blogilicious Van  BandungKemudian disambung oleh mbak WiwikWae yang membawakan sessi ke- III, bertemakan tentang Social Media, yang merupakan senjata ampuh saat ini untuk promosi blog, produk, serta memantau kepopuleran dan antusias akan produk dan topik apa saja yang saat ini sedang digandrungi banyak orang, sehingga kita bisa menentukan dan membuat strategi pemasaran produk dan blog. Selain itu, beliau juga merekomendasikan aplikasi-aplikasi yang praktis untuk Social Media, juga mendemostrasikan aplikasi-aplikasi tersebut, sehingga memberi pemahaman yang absolut bagiku.


Rawi WahyudionoSessi selanjutnya (IV) merupakan sessi yang sangat menarik bagiku, dimana Pak Rawi Wahyudiono memberikan pandangan dan kepemahamannya terhadap topik Blogpreneur. Disini beliau mengungkapkan (dengan logat jawa yang medok) tentang bagaimana kita harus bertindak saat ini juga, terus belajar dan berusaha, dan hal yang sangat menyentuh di kepemahamanku adalah: bahwa kita belajar dan bekerja harus beriringan (Learning by doing), tak ada alasan untuk melakukannya secara terpisah. Karena kepemahaman dan kesuksesan akan datang dengan sendirinya.
Saat ini beliau telah banyak mendapatkan penghargaan, dan menjadi pengusaha dan juga blogger yang sukses.


Antri Makan Siang Blogilicious Van BandungAcara selanjutnya adalah istirahat makan siang, dimana setiap peserta Blogilicious Bandung kembali merilekskan raga dan pikiran, guna untuk menyantap hidangan yang lezat (Ayam Bakar, Orek Tempe, Tumis Kangkung dan banyak lagi), ada juga yang kekamar kecil, dan Shalat Zuhur.
Begitu pun kami, juga ikut mengantri untuk memuaskan perut yang (baru sadar) keroncongan, karena belum sarapan dari tadi pagi. Sembari menunggu antrian yang cukup panjang, kami juga kekamar kecil dan ngobrol dengan panitia yang ramah, juga melihat-lihat buku-buku yang sedang dipajang.
Bingung Pilih Yang Mana Blogilicious Van BandungSaat break ini diumumkan pula (oleh Mbak WiwikWae) keyword untuk lomba semi seo Blogilicious Bandung, yang berhadiah Samsung Galaxy mini untuk satu orang pemenang, dan keyword yang terpilih adalah "Blogilicious Van Bandung", sesuai dengan julukan Kota Bandung, yaitu Kota Paris Van Java!


Kuncoro Wastuwibowo Blogilicious Van  BandungSekitar jam 1 siang, rangkaian event Blogilicious Bandung kembali dilanjutkan. Kali ini, sessi ke-V, yakni tentang Mobile Blogging dipresentasikan oleh Mas Kuncoro Wastuwibowo. Sessi yang menarik ini dibawakan dengan santai oleh Mas Kuncoro, memberikan cukup pemahaman tentang apa itu mobile blogging, yang mempunyai banyak istilah seperti: minny blogging, micro blogging, dan lain sebagainya. Selain itu, beliau juga memberikan semi workshop tentang "Bagaimana cara membuat blog yang mobile friendly", karena sebagian besar orang saat ini menggunakan perangkat mobile untuk mengakses internet.
Peserta Khusyuk Blogilicious Van BandungAda kejadian yang sangat unik pada sessi ini, dimana saat mendekati akhir dari presentasi, tiba-tiba aliran listrik padam, sehingga Mas Kuncoro harus menjelaskan sisa presentasinya tanpa menggunakan microphone. Ini menjadi kendala yang cukup serius, karena para peserta yang berjumlah kurang lebih seratus orang pun tak bisa mendengarkan pemjelasannya secara utuh. Tetapi menurutku ada sisi positif saat kejadian ini, dimana peserta yang tadinya mengantuk (karena mungkin kekenyangan) menjadi segar kembali, dan serius untuk mengikuti rangkaian event seminar dan semi workshop Blogilicious Van Bandung ini.


Kemudian rangkaian acara dilanjutkan oleh Mas Aris Heru Utomo, yang memperkenalkan kepada kami komunitas blogger yang sangat keren, yakni: Komunitas Blogger Asean yang baru saja dideklarasikan pada tanggal 10 Mei 2011 lalu. Diawali dengan vidio animasi yang lucu di samping ini, Mas Aris memperkenalkan Asean People Community, yang baru beranggotakan sepuluh negara, yang dideklarasikan pada tahun 2005 lalu. Aku sangat menyukai komunitas ini, karena aku tergabung didalamnya saat Indonesia menjadi tuan rumah pada gelaran Asean People Community tahun 2011 ini di Hotel Ciputra Jakarta.
Komunitas Blogger Asean ini diprakarsai oleh blogger-blogger Indonesia, yang merasa bahwa keberadaan blogger sangat berpengaruh di kawasan Asean, sehingga menghindarkan daripada perpecahan dan kesalah pahaman diantara blogger-blogger dilingkuk Asia Tenggara.
Mas Aris juga merupakan wakil dari Kementrian Luar Negri RI, dan saat ini menjadi Ketua Komunitas Blogger Bekasi. Sayang nggak ada photonya, jadi nggak bisa ditempel di artikel ini :-)


Agus Hery Prasetyo Blogilicious Van BandungSelanjutnya, tiba sessi ke VI dimana sang ketua panitia lokal, Kang Agus Hery Prasetyo yang juga penulis buku (Meraup Dolar Lewat Blog), membawakan tema Search Engine Optimization (SEO) yang merupakan senjata bagi para blogger untuk meningkatkan rangking blognya. Di sini beliau menjelaskan apa itu SEO, tekhnik SEO, dan ada dua macam jenis SEO, yakni: White dan Black SEO.
Tapi yang sangat membekas dipemahamanku, bahwa SEO yang baik adalah content yang berkwalitas, sehingga pengunjung akan datang dengan sendirinya, bila blog kita memiliki isi yang berkwalitas.


Mubarika Dan Kukuh Blogilicious Van BandungSetelah coffee break, acara dilanjutkan dengan Sessi puncak sekaligus pamungkas dari rangkaian event yang bertema Blogilicious Van Bandung, tentang Blog Monetizing yang dipresentasikan oleh Mbak Mubarika Darmayanti juga didampingi oleh Mas Kukuh T Wicaksono selaku wakil dan ketua dari IDBlogNetwork. Pikiran yang sudah melayang, serta mata yang hampir meredup, kembali terang-benderang saat Mbak Rika mengulas "bahwa blog bisa menghasilkan uang", dan IDBlogNetwork adalah partner bagi para blogger untuk me-Monetize blognya. Mereka menjelaskan fitur-fitur dari IBN (singkatan dari IdBlogNetwork), seperti: PPC (Pay Per Click), PPR (Pay Per Review), PPA (Pay Per Action), Flash Banner (untuk lebih lengkapnya buka website IdBlogNetwork di alamat www.IdBlogNetwork.Com), dan keuntungan berperan aktif, baik sebagai publisher, maupun advertiser. Selain itu, mbak Rika dan Mas Kukuh juga menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar IBN, dan sangat terasa jelas antusiasme yang besar dari peserta seminar, melalui pertanyaan- pertanyaan yang bertubi-tubi terus diajukan.


Pada akhir rangkaian acara di atas, IdBlogNetwork memberikan kejutan berupa empat job review yang bernilai masing-masing satu juta Rupiah, dan hadiah yang sangat besar bagiku (selain mendapatkan ilmu dan pengalaman yang bermanfaat), juga mendapatkan salahsatu job review! Thanks IdBlogNetwork, Thanks Blogilicious Bandung! Benar-benar acara blogging yang Delicious!


Photo Bersama Wajah Ceria!

Event ditutup dengan berphoto bersama, dimulai dari semua pembicara, penitia dan peserta seminar dan semi workshop Blogilicious Bandung 2011 bergabung di atas panggung. Semua kegairahan, kegembiraan, dan harapan baru bersatu padu di panggung berkarpet merah itu.


Certificate Blogilicious Van BandungSetelah melalui semua rangkaian event, kami mendapatkan sertifikat dari IdBlogNetwork, yang telah ditandatangani oleh ketiga founder IdBlockNetwork, Mas Kukuh TW, Mbak Mubarika Darmayanti dan juga Mas Muhammad Farid. selain itu, kami juga mendapatkan tas cantik yang berisi kenang-kenangan dari acara Blogilicious Bandung 2011.


Tanggapanku atas event ini, sessi yang terlalu padat, (yang semula direncanakan dua hari menjadi sehari), membuat banyak ketidakpuasan dari peserta seminar, karena kurangnya waktu untuk berdiskusi, juga saling bertukar pikiran dengan para nara sumber. Selain itu, aku merasa iri kepada pelaksanaan Blogilicious di daerah lainnya, karena pada Blogilicious Bandung, ada beberapa materi yang dihilangkan, seperti: security blogging, perancangan template, dan waktu presentasi yang dipersingkat (hanya 20 menit per-sessi). Selain itu, pemilihan tempat juga sangat tidak memuaskan, karena bersamaan dengan event lain, yang dilaksanakan di lokasi yang sama, hanya di ruang berbeda. Sound keras yang bising sangat mengganggu konsentrasi para peserta seminar. Tetapi aku sangat salut kepada seluruh panitia Blogilicious Bandung yang sudah bersedia mendistribusikan tenaga dan pikiran, untuk kesuksesan event ini, dan juga kepada IdBlogNetwork yang mempunyai inisiatif untuk membuat event semacam ini, Aku dan Kukuh TW Blogilicious Van Bandungdengan biaya yang sangat murah (bahkan gratis untuk member IBN), kami mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat, teman-teman baru, serta yang terpenting adalah lingkungan yang positif. Aku juga sangat bangga bisa bertemu langsung, bercakap-cakap, serta berjabat tangan dengan para nara sumber, juga teman-teman blogger senior, yang selama ini hanya kukenal di dunia maya saja.


Logo IBN

Dengan adanya event Blogilicious ini, aku merasa mendapat harapan baru, semangat baru dalam menghadapi hidupku yang penuh tantangan, membuka wawasanku akan kemungkinan-kemungkinan baru, peluang-peluang usaha baru, bagi diriku yang seorang tunanetra, yang selama ini banyak dipandang sebelah mata dan diremehkan. Aku ingin hidup dari blogging, berkarya lewat blogging, dan menunjukan eksistensi melalui blogging, sehingga menumbuhkan image baru, Blogger Tunanetra yang handal, profesional dan sukses!


harapanku, semoga IdBlogNetwork terus mengadakan event-event serupa Blogilicious Bandung ini, bukan hanya untuk mengasah kemampuan para blogger, atau kampanye pemasaran, tetapi juga untuk terus membakar semangat para blogger, sehingga api semangat yang telah disulut pada saat ini, terus berkobar, terang benderang, bergelora, menerangi jalanku yang gulita, dan membawaku ketangga kesuksesan yang aku impikan!



Terimakasih aku ucapkan kepada Kang @EditTag dan @EligJakwin yang sudah shareing dan edit photo-photo event Blogilicious Van Bandung ini, tanpa bantuannya, liputanku yang sederhana ini akan terasa sangat hambar. Sekali lagi terimakasih!


Ayo blogging!

Baca juga :

  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • TwitThis

24 komentar:

Iwok said...

Salam kenal Riqo. Waaah ... Riqo yang dapat job review kemarin ya? Selamaaat ...
Laporannya juga nggak kalah lengkap ah, mantap! :)

Riqo ZHI said...

@Iwok iya Kang, beruntung kemarin dapat Job Review, heheh, thanks atas kunjungannya ya!

jakwin said...

good luck ya,,,kekurangan bukan halangan buat berkarya,,atasi keterbatasan tanpa batas,,,itu kan motto"ya,,,??

Riqo ZHI said...

@jakwin Thanks ya, betul banget, Mengatasi Keterbatasan Tanpa Batas, Kartunet banget tuch!

Download Mozilla Firefox 5 said...

subhanallah....maaf mas boleh saya bertanya sedikit...mas kan tuna netra ya? lalu bagaimana cara menulis artikelnya...sumpah saya salut dengan kemauan mas...salam kenal ya mas...kemaren yang dapet job review ya?

Riqo ZHI said...

@Download Mozilla Firefox 5 Heheh, saya pakai software yang namanya Screan Reader (Pembaca Layar), bisa lihat di sini kang,, salam kenal juga, thanks udah ngunjungin blog saya yang sederhana ini :-)

Blogilicious Trah Yogyakarta said...

mantab nih reportnya...

di Bandung kompetisinya kayaknya ramai banget nih.. semangat ya..

Riqo ZHI said...

@Blogilicious Trah Yogyakarta iya mas ramai di sini, thanks do'anya!

Robin PayTren said...

wah rame ya di sini, numpang kipas2 dulu...

Riqo ZHI said...

@®obinhutThanks kunjungannya bro, mantap blognya heheeh! salut deh!

Robin PayTren said...

Wuis, tengkyu udah nyemangatin..!

Riqo ZHI said...

@®obinhut Sama-sama bro!

Tongkonanku said...

Foto2nya mana bro?

Riqo ZHI said...

@Tongkonanku Belum di-upload bro, masih dikecilin dulu xixixixixix

blackgerry said...

wah rico hebat, makasih dah mampir bumiblogger, kami masih merintis :) mampir ke blog personal saya juga yah di link ini

phyqhie said...

Halo Rico, salam kenal! :)
saya vicky, saya juga hadir di acra blogilicious ini..btw, kuliah di UPI juga? kita ada komunitas blogger UPI loh, join yuk, Ricoo.. >.<

Riqo ZHI said...

@phyqhieWah, saya baru tau ada komunitas blogger UPI, pasti saya gabung. Follow Twitter saya @Riqo_ZHI ya, biar kita bisa ngobrol lebih lanjut. Salam kenal juga!

Blogilicious Van Bandung said...

Karena semua domain .co.cc di block ama Google, ahirnya ganti domain menjadi www.jemari.net. Moga tetap di halaman 1 Mbah Google!

abaw said...

semoga sukses mas,mdh2an hilangnya co.cc kmren jadi awal dari terpilihnya blog ini sbg pemenang Blogilicious Van Bandung :)

Riqo ZHI said...

@abawMakasih do'anya, amin.

Riqo ZHI said...

@Ali ImronWah, thanks banget, memang tujuan liputan ini untuk berbagi, biar teman-teman di tempat lain bisa tahu apa yang terjadi pada event Blogilicious Van Bandung! IBN mantap dah!

obat alami kanker kelenjar getah bening said...

sarae da komo mojang bandungna...heiheu

toko bunga cilacap said...

Kapan diadakan workshop lagi, pingin ikutan

fadli said...

Mantab nih acara yang beginian nambah pengalaman , selain itu kita ketahui bersama akan bisa menjalin silaturahmi ..kan ... emmm di makassar juga ada loh

Post a Comment

Blog ini dofollow, silahkan tinggalkan komentar untuk meningkatkan PageRank, tapi berkomentarlah dengan tertip dan sopan, agar komentar kamu bisa tampil dengan nyaman :)