18 October 2012

Aku Bisa Melihat, Karena PLN! | Harapanku Untuk PLN

Listrik selalu hadir disekitar kita, selalu menjadi pendukung dalam setiap aktivitas, pekerjaan, hiburan, bahkan saat kita tertidur pulas. Tak ayal listrik menjadi kebutuhan primer, tak ada yang bisa kita lakukan tanpanya pada zaman sekarang ini. Tapi, seringkah kita merenungi, atau mengingat jasa penyedia layanan energi listrik yang selalu menghidupkan kehidupan kita sehari-hari?

Aku Riqo ZHI, kini usiaku meninjak 25 tahun pada Hari Listrik Nasional 27 Oktober nanti. Kehidupanku bergantung pada teknologi, karena aku seorang yang memiliki keterbatasan, aku seorang disabilitas netra. Tetapi dengan teknologi, aku bisa menjalankan aktivitas seperti orang-orang pada umumnya, untuk bekerja, bersosialisasi, berkomunikasi, dan lain sebagainya. Tetapi setelah mengikuti event #BloggerBicara pada bulan lalu, yang mengkupas-abis PLN, aku menyadari bahwa aku takkan bisa melakukan apapun danpa adanya listrik, atau dalam hal ini, tanpa adanya PT. PLN (Persero). Dengan kata lain, aku bisa melihat, karena PLN! Ok, mulai sekarang, aku akan mengingatmu (wahai PLN), tidak hanya saat listrik padam, tetapi setiap aku memanfaatkan energimu, untuk menghidupkan kehidupanku *Lebai*...

Merenungi penomena di atas, terlihat betapa masyarakat saat ini sangat-sangat-sangat bertergantungan pada PLN, yang notabennya hanya satu-satunya perusahaan listrik yang ada di jagat Indonesia Raya tercinta. Tetapi apakah fair bila PT. PLN (Persero) menganggap bahwa masyarakat Indonesia harus berterimakasih padanya? Well, dari segi ekonomis, memang PLN terlihat murah untuk semua kalangan, itu dikarenakan masyarakat mendapatkan subsidi listrik dari pemerintah. Menurut saya sih sah-sah saja masyarakat di-subsidi, toh kita telah membayar pajak gila-gilaan, kan, pada pemerintah? mulai dari makan di restoran, semua pembelian, bahkan pulsa operator telponpun kita selalu dikenakan pajak. Apa lagi pajak penghasilan saya yang lebih dari 10%, yang salah hitung kantor pajak, atau tempat saya bekerja, sih? *curhat*. Yang jelas, sudah sewajibnya pemerintah memberikan subsidi bagi masyarakatnya, baik bbm (Bukan BlackBerry Mesenger), listrik, kesehatan, sekolah dan lain sebagainya.

Tetapi karena murahnya, tidak serta merta PLN memberikan statement "Kami Selalu Rugi, karena pendapatan dari masyarakat lebih sedikit daripada pengeluaran Operasional" yang berimbas pada minimnya pembangunan inprastruktur, bahkan buruknya pelayanan. Seharusnya bukan biaya yang dijadikan kambing hitam, tetapi lihat lebih dalam lagi, sudahka PLN melakukan bagiannya dengan benar? toh ini bukan pelayanan gratis, tapi berbayar.
Menurutku, buruknya pelayanan PLN saat ini, dikarenakan PLN hanya satu-satunya operator listrik di Indonesia, sehingga tidak ada referensi untuk menghasilkan inovasi baru. Kita ambil contoh Pertamina, coba kita bandingkan Pertamina 10 tahun kebelakang dengan pertamina saat ini, sangat jauh berbeda, bukan? Itu dikarenakan saat ini pertamina memiliki kompetitor yang bersaing ketat dalam peningkatan pelayanan. Pertanyaannya, mungkinkah PT. PLN (Persero) bukan satu-satunya operator yang memonopoli pasokan listrik di Indonesia? agar mendapatkan pesaing yang bisa berlomba untuk meningkatkan inovasi, baik dari segi layanan, maupun teknologi? kita tunggu saja!

Walau demikian, seperti BUMN lainnya, kini PLN-pun perlahan-lahan mulai memperbaiki diri, baik dari sisi pelayanan, maupun internal. Seiring perkembangan digitalisasi media, kini akses pelayanan pln menjadi semakin mudah, dengan dibukanya jalur-jalur akses pelayanan baru, baik melalui media online maupun line telpon.
Untuk menghubungi PLN melalui online (internet), kita bisa membuka situs resmi PLN: http://www.pln.co.id, atau melalui Twitter @PLN_123, dan untuk line telpon bisa menghubungi 123.
Dari sisi internal, kini Manajemen PLN juga telah menegaskan komitmennya untuk menjalankan praktek penyelenggaraan korporasi yang bersih dan bebas dari praktek korupsi,kolusi dan nepotisme (KKN), sekaligus menegakkan Good Corporate Governance (GCG) dan anti korupsi dalam penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat. PLN juga membuat situs resmi untuk program ini, yaitu: http://www.plnbersih.com.

Dalam segi inovasi, PT. PLN (Persero) kini telah mengembangkan system pembayaran yang fleksibel, yakni system pra bayar (dengan pulsa) menggantikan system pasca bayar, yang memungkinkan bagi customer untuk mengontrol konsumsi energi listrik. Dan PLN juga berinovasi menambah sumberdaya baru pembangkit tenaga listrik, diantaranya: Pembangkit Listrik Tenaga Surya, yang lebih diperuntukkan bagi masyarakat lingkar luar NKRI, karena sulitnya jarak tempuh untuk penyaluran pasokan tenaga listrik.

Harapanku, semoga PT. PLN (Persero) semakin berkomitmen untuk mengembangkan potensi yang ada, menciptakan inovasi-inovasi baru, meningkatkan pelayanan, sehingga kami akan selalu mengingat jasa-jasamu, tidak hanya saat mati lampu! ?
 
Posting ini dibuat untuk mengikuti kontes blogging yang diadakan oleh BLOGdetik dan PLN, menyambut hari listrik nasional 27 Oktober nanti, bertepatan dengan hari ulang tahunku. Semoga bisa menjadi hadiah di ulang tahunku nanti, ya! *Berdo'a* Untuk info kontes, silahkan menuju ke tkp!

Baca juga :

  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • TwitThis

124 komentar:

Informasi Daftar Terbaru Biaya Haji 2013 Jakarta said...

semoga menang ya gan :D

zadok said...

jia you gan

Agen Ace Maxs Pusat said...

semoga jadi juara gan, kalau sudah menang jangan lupa traktir ya.. hehee

obat herbal radang paru-paru said...

semoga PLN akan lebih memiliki banyak inovasi lagi.

obat herbal darah tinggi said...

PLN memang sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita.

obat herbal diabetes mellitus said...

semoga saja kontes nya bisa menang gan..
semangat terus yah...

obat herbal alami said...

mantap banget tuh hadiah nya...
semoga bisa jadi juara nya.

Obat Tradisional Disfungsi Sexsual said...

apalagi di jaman sekarang kita kan sudah terbiasa hidup dalam terang, klw gak ada pln gimana apa kita kembali ke jaman dulu lagi, sekarang pln dah menjadi bagian dari kehidupan kita, thanks atas infponya.......!

agussalam said...

kita patut brsykur kpd Alloh,krn msih bsa mlhat d mlam hari dgn adanya lstrik...

Obat Penyakit Gagal Ginjal said...

Terima kasih ya telah menginjinkan kami untuk mencari backling pada blog ini walaupun pada kenyataanya kami hanya merepeotkan anda sbagai pemilik blog..
:D

Obat Herbal Penyakit Kanker Otak said...

semoga sukses deh. ini patut menjadi contoh buat pemula seperti ane.! artikel menarik dan menjadi bertambah wawasan terima kasih.!

Obat Untuk Penyakit Kanker Payudara said...

Makasih buat infonya infonya sampe ngos ngosan nih bacanya ..heheee
tetap semangat menjalankan aktivitas di dunia bloging yah gan..
:D

Media Pembelajaran said...

Iya, semoga PLN lebih baik kedepanya, ndak sering mati lampu

ANDI ADRIZAL RM said...

makasih infonya mas
suarasepakbola.com tempatnya prediksi bola terakurat

obat tradisional kencing nanah said...

artikel yang menarik dan informasi yang sangat bermanfaat

Soartec said...

memang PLN sangat bermanfaat sekali
artikel yang bagus gan

Miracle boy said...

tanpa PLN malam kita makin gelap
terima kasih ya Allah swt, dan Thomas Alfa Edison

prediksi togel said...

keren gan

aldi said...

smoga menang gan
alfijadul.blogspot.com

Obat Penyakit Kista said...

Biarpun saya seorang spammers terkadang saya menyimak artikel yang agan tulis ko..makasih yah gan untuk artikelnya..tetap semangat berkarya di dunia blogging . .
:D


Software Toko Program Kasir Terbaik said...

Ikutan Kontes juga ya Semoga Menang

andri priana said...

semoga menang dalam kontes ini ... kalo dapet hadiah jangan lupa bonceng saya(hehehehhehe)... trim's

obat epilepsi herbal said...

semoga sukses gan dengan kontes seonya..... tentunya kita harus berterimakash dengan adanya pln kita bisa lebih mudah ngapain aja

Obat Untuk Penyakit Hepatitis B said...

Mantap gan postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih dan selamt pagi.

azmi said...

Dan mudah2an orang orang yang bergelut dalam PLN juga tidak seperti yag sudah2. harapan saya untuk PLN adalah terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat terutama masyarakat kecil yang kurang dalam hal ekonomi.

BELAJAR BISNIS said...

harapanku untuk PLN : turunin donk harga listrik, orang gak mampu nih.. :)

harus menang gan pokoknya, saya doa kan juga..

resep masakan para ahli said...

semoga di tingkatkan pelayanannya,tidak sering padam

RATIH GANDA RESMI said...

infonya sangat bagus dan menarik sekali..
mantap gan.

haidar said...

Semoga ga ada kasus korupsi lagi gan para staf PLN.

tips mencegah diabetes said...

tanpa pln kita tidak bisa posting comment he he

Paket Tour Tahun Baru dubai said...

hehehehe.... semoga aja PLN pelayanannya semakin lebih baik untuk kedepannya. :)

Unknown said...

Wah kontes seo yah.. sepertinya saya belum cukup ilmu nih buat ikutan..hehe silahkan berkunjung di Obat penyakit darah tinggi sekalian minta tips nya nih dari agan agan semua, caranya jadi seo friendly

Erin Nurdini said...

zaman sekarang serba listrik http://auroraborealis524.blogspot.com

Obat Herbal Jantung Koroner said...

Apa kata dunia bila tidak ada listrik.

Obat Herbal Thalasemia said...

PLN sangat berperan.

Tutorial Komputer said...

semoga listrik dirumahku gak sering padam .....

Obat Penyakit Jantung Koroner said...

Menurut saya blog ini termasuk salah satu yang saya nilai unik dari sekian banyak blog di Indonesia. Teruskan gan. Semoga sukses seja.

Obat Alternatif Radang Selaput Otak said...

jasa pln sangat besar terhadap masyarakat pengguna listrik, semoga tetap terang terus dan terus terang thanks atas infonya sangat bermanfaat sekali tuk saya........!

Anonymous said...

interesting articles and commentaries friend, I became interested in reading, I introduce a new blogger from Indonesia origin. greetings

Obat Tradisional Plek Paru Paru Pada Anak said...

iya apalagi di jaman sekarang ini jaman sudah serba canggih dan semuanya menggunakan alat listrik, jadi peran pln disini sangat penting banget terimakasih banyak atas infonya..........!

Obat tradisional gondongan said...

pln dengan program listrik masuk desa sekarang kampungku juga dag terang

Cara herbal mengobati gondok said...

terimakasih telah bebragi gan... infonya sangat keren banget

Obat herbal pelangsing said...

listrik sangat penting sekali

Obat alami diabetes melitus said...

PLN semoga semakin baik dalam pelayanan dan kesedian listrik

agen sbobet said...

memang pelayanan PLN harus ditingkatkan,...

agen 338a said...

Jangan sering padam dong PLN... kasihan saya tidak bisa kerja

agen bola said...

Postingnya bagus gan, tetep semangat dan di tunggu posting selanjutnya,

Unknown said...

Wah, Postingannya Bagus Sob , Tetep Semangat Ya Sob ^_^ .

Blogwalking Sob : http://ghalis4rt.blogspot.com/ ( Ghalis4rt )

Abbaas said...

pln memang harus memberikan pelayanan terbaik kepada konsumenya children game

Icahbanjarmasin said...

memang betul juga mba,terkadang PLN banyak juga manfaatnya.

selintas-informasi said...

wahh PLN keren artikelnya ..

obat herbal said...

saya cukup terkesan dengan pelayana PLN bagi pelanggan yang mau tambah daya bisa langsung telpon k call center dan pembayaran via transfer bank atau kantor pos

Sedanten Herbal | Pusat Penjual Obat Herbal Alami said...

semoga sukses kontesnya ya kang...
kunjungan perdana nih.

Aga said...

semoga menang mas bro (y)
keren artikelnya hahahah

ZZS Inside

obat telat bulan said...

semoga saja kontes nya bisa menang gan..
semangat terus yah...

sarang said...

ternyata lagi ikut kontes yaw gan

umroh reguler 2013 said...

semoga sukses ya... :)

free video game said...

weh, pln sudah menjadi makanan pokok masyarakat.

cara pemesanan ace maxs said...

nice post !!!!!!!!!

selang pemadam said...

PLN memang satu-satunya perusahaan yang mengurus listrik negara, tapi bukan berarti PLN tidak bisa meningkatkan kualitasnya, bukan? Semoga PLN bisa lebih baik lagi di tahun depan. Tulisan yang menarik sekali. Semoga sukses kontesnya!

obat tradisional ace maxs said...

sukses buat kontesnya ya gan
ayo semangat

obat herbal leukimia said...

sukses gan.. sem0ga berhasil !

obat herbal jantung koroner said...

ikuat nyimak..

obat herbal insomnia said...

semoga sukses gan.. mdah"an menang ya .

obat herbal lemah syahwat said...

nice post !!

bank syariah said...

wah kontes ya gan. moga menang ya

cara pemesanan ace maxs said...

lam kenal mas

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia said...

selamat , semoga menjadi pemenang.

Tips Trik SEO Blogger Pemula said...

judulnya unik nih mas

igcp503 said...

great post...

automotive information said...

good information...

home and garden said...

this post same with my hope...

home and house said...

yes...

business said...

thanks for the information...

tata cara haji said...

makasih informasinya mas,,,,

Baby Arena said...

niche info bos

cv.Mantap Jaya said...

infoonya nice banget Gan,trims atas masukanya dan Ane Do'a in supaya menang,salam sukses.

4 Cheats | Info Game Only said...

semoga menang sob

Kunjungan Baliknya Selalu Saya Tunggu, dan Jangan Lupa Untuk Menambahkan Saya Kedalam Lingkaran G+ Anda, Terima Kasih...

tanganblogger said...

PLN hebat.. banyak warga yg harusnya berteri kasih ketimbang mencaci.. nice post agan. salam

Fauzi Management said...

Makasih gan buat infonya... Selamat tahun baru buat para blogger Indonesia....

Obat Kanker Kelenjar Getah Bening said...

semoga jadi juara ya sobat.. :)

Aneka resep masakan said...

Sepertinya kontes dari PLN yang bekerja sama dengan detik.com ini bertujuan untuk mengalihkan isu naiknya tarif dasar listrik. padahal tidak perlu semacam ini, warga negera Indonesia tetap pakai pln kok. Pintar juga ya pln buat ngalihkan isu/

rahasia hidup sehat said...

hidup pln,, :)

obat alami kanker payudara said...

terimakasih nih atas infonya

randi said...

kita memang patut brtrima kasih kpd Alloh yg tlah mmbrikan pnerangan kpd kita melalui jasa PLN..
terima kasih.. :)

biaya naik haji said...

kalo gak ada listrik dunia gelap gulita pas male hari :(

biaya naik haji said...

PLN emang banyak berjasa yah :)

Jasa Limbah Lamongan said...

dengan adanya PLN hidup Kita jadi terang,makasih infonya Sob,and selamat Tahun baru 2013.

wisata pulau tidung said...

PLN MAKIN JAYA TERUS......

biro umroh said...

PLN terus terang....
Terang terus...

:)

biro umroh 2013 said...

bayangkan kalo kaga ada PLN gelap gulita pastinya....

biro umroh jakarta said...

Listrik emang sangat dibutuhkan mas,,,

biro umroh jakarta selatan said...

memang banyak manfaat listrik bagi manusia...

travel umroh said...

nice post!
thx gan

Suwardi Gagal Ganteng said...

PLN Harapanku, Aku bisa melihat kerena PLN.
Mungkin itu bisa terjadi di kota-kota besar dan Negara yang udah maju, Tapi sangat Ironis Untuk Negara berkembang di mana Korupsi berkembang pesat, Hal tersebut Tidak bisa di nikmati di kalimantan dimana penduduk terpaksa menanggung derita kerena Listrik bergilir dan bukan lagi pemadaman listrik bergilir..

kios herbal said...

tanpa pln kehidupan malam di indonesia akan menjadi gelap tanpa sinar lampu sedikitpun...hee

Kubagi Ilmu said...

PLN adalah sendi kehidupan replubik ini namun masih banyak kekurangan yg ada yg perlu pembenahan...

andi said...

semoga tergapai dech?sukses selalu.

Ngumpul Gan said...

tenks gan buat info nya

Tanggal Baru said...

info nya mantap gan

agen bola said...

nice info gan! :D

obat jus manggis murah said...

PLN itu sangat banyak jasanya

obat herbal asma said...

Semoga PLN lebih baik kedepannya, tidak sering mati lampu.

obat herbal kanker hati said...

Bayangkan kalo kaga ada PLN gelap gulita pastinya negeri ini. Bisa kacau

obat jantung said...

semoga pln terus berjaya

obat stroke said...

tingaktkan terus pelayanan pln terhadap publik.!!

obat batu ginjal said...

trima kasih pln.!!

jelly gamat semarang said...

ngak bisa bayangin tanpa pln.!! gelap.!

ace maxs semarang said...

terus berjaya buat pln, dan tingaktkan terus pelayanan

herbalife bandung said...

thnks infonya gan. moga bermanfaat

xamthone plus semarang said...

semoga pln lebh baik dari sekarang untuk kedepannya

Harga Paket Umroh 2013 said...

semoga Pln semakin sukses mensejahterakan rakyat di Indonesia.

Jasa Limbah Pasuruan said...

terima kasih PLN,karenamu dunia ini jadi terang,
trims Gan infonya nice banget,salam kenal.

obat tradisional keputihan said...

Ngak bisa bayangin jika kita hidup tanpa pln. Semangat trs pln.

obat herbal kanker kelenjar getah bening alami said...

PLN mmg dibutuhkan oleh masyarakat. Perbaiki kinerjanya agar semakin OK. Ane tunggu artikel selanjutnya dan ditunggu kunjungan baliknya. Karena artikelnya bgs maka ane follow aja blog ini. Trma kasih gan.

Cara Mengobati Hepatitis B said...

Artikel yang sangat bagus,patut untuk kita baca. Listrik merupakan salah satu kebutuhan manusia,,,,,,

komputer bekas said...

perlu doa gan untuk menang, dan ini saya kasih doanya semoga agan bisa menang kontes, amiin.

souvenir pernikahan said...

Artikel yang bagus....
Kita berharap PLN lebih meningkatkan pelayanan terutama di desa2 terpencil... :)

travel haji plus said...

aku do'a in kamu berhasil gan

Jasa Layanan said...

memang bener Gan Listrik adalah sudah menjadi kebutuhan primer, coba bayangin kalo gk ada Listri, ampuun.

pengobatan alami said...

setuju mas, sekarang hampir semua pake listrik....tapi tetep kudu hemat ya..

The Ultimate SEO Consultant and Services said...

Selama tetep bayar tagihan PLN juga akan cinta sama kita gan..:)

jajang said...

sekarang tarip PLN sudah naik lagi semoga kita selalu bisa menghematnya

jual susu kolostrum said...

Mantap juga infonya

Post a Comment

Blog ini dofollow, silahkan tinggalkan komentar untuk meningkatkan PageRank, tapi berkomentarlah dengan tertip dan sopan, agar komentar kamu bisa tampil dengan nyaman :)