26 June 2011

Hari Ketiga Pelatihan Blogging Untuk Tunanetra

Pelatihan Blogging Untuk Tunanetra
Hari ketiga pelaksanaan Pelatihan Blogging Untuk Tunanetra berjalan lancar, terlihat semua peserta pun enjoy mengikuti semua materi yang saya berikan. Pada hari terakhir ini, saya buka dengan pertanyaan: "Apa sih manfaat Blogging?" Ternyata, masih banyak yang belum tahu bahwa blog bisa menghasilkan penghasilan bagi blogger, bahkan banyak blogger yang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama.

Kemudian materi diteruskan dengan posting, dimana saya membahas ada tiga metode posting di blogspot, yakni: melalui web browser, email dan text messeges (SMS). Tetapi khusus untuk SMS, hanya diizinkan untuk kode negara +1 (USA :-( )

Tetapi yang membuat mereka antusias adalah kita bisa melakukan posting melalu email, sehingga para blogger bisa memposting artikel di blog dari manapun, kapanpun, asal terhubung dengan peringkat seluler dan email.

Pembahasan selanjutnya saya awali dengan pertanyaan: "Apa yang kira-kira menjadi kendala untuk blogging?"
Banyak yang menjawab, "Pasilitas (komputer dan jaringan) yang menjadi kendala yang besar."
Setelah itu saya memberi solusi dengan mobile blogging, dimana kita bisa mengakses blog dengan perangkat mobile (handphone), dan posting melalui email. So, kendala yang tadi dikeluhkan bisa teratasi.

Sessi terakhir ditutup dengan saling memberikan komentar pada blog sahabat, dimana berkomentar adalah salahsatu etika blogging, dan sekaligus bisa mempromosikan blog kita masing-masing.

Secara umum, walaupun banyak kekurangan dalam acara ini, saya merasa sangat puas, karena bisa membagikan ilmu kepada teman-teman tunanetra.

Harapan saya, semoga kegiatan ini terus dikembangkan, agar potensi yang tunanetra miliki dalam dunia blogging bisa tersalurkan.

Saya juga ingin mengkampanyekan accessibility blog, agar para blogger sadar, bahwa beberapa persen dari pengunjung blog mereka adalah pengunjung yang memiliki disabilitas, sehingga membutuhkan content dan template yang accessible pula.

Daftar blog yang dibuat oleh peserta:
www.sambaltarasi.blogspot.com
www.umatwg.blogspot.com
www.blindindonesia.blogspot.com
www.tawadunnea.blogspot.com
www.otawawg.blogspot.com
www.premankedul.blogspot.com
www.smillingfull.blogspot.com

Ayo Blogging!

Baca juga :

  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • TwitThis

1 komentar:

Baca & Share said...

keren gan..

Agen Bola

Post a Comment

Blog ini dofollow, silahkan tinggalkan komentar untuk meningkatkan PageRank, tapi berkomentarlah dengan tertip dan sopan, agar komentar kamu bisa tampil dengan nyaman :)